Jumat, 25 Mei 2018

Matematika dalam bencana


Bencana semakin sering muncul di bumi tercinta ini. jika dibiarkan terus menerus akan membuat bumi kita semakin cepat mendekati kehancuran. Dulu ketika bencana alam besar mengguncang dunia dengan letusan gunung tambora yang akibatnya dirasakan oleh sepertiga penduduk bumi. Begitulah alam jika sudah berkehendak maka tidak akan ada yang bisa menghentikannya kecuali tuhan.
Tetapi ketika peristiwa sernobile melumpuhkan dan menghancurkan apa saja yang ada disekitarnya, seakan-akan manusia memulai babak baru sebagai perampas kekuatan alam untuk menimbulkan bencana dimuka bumi ini. Meskipun manusia tidak mungkin menyamai atau melebihi kekuatan alam, perbuatan yang dilakukan sudah menyalahi kodrat mereka sebagai manusia. Terorisme hanyalah kambing hitam dibalik kerusakan yang terselubung dari kejahatan besar yang mengancam dunia ini.
Dalam ilmu statistik terdapat pembahasan tentang displaying data. Dari data yang masih mentah atau acak didisplay sedemikian hingga orang dapat menyimpulkan atau menbaca data tersebut. Jika ada kumpulan angka 2,4,5,6,7,8,3,2,1,2,3 orang hanya menyimpulkan data tersebut hanya kumpulan angka tak berarti. Namun, jika data tersebut didisplay maka orang akan bisa mengetahui rata-rata, modus, median, dan lain-lain.
Maka pentingnya sebuah sajian data untuk mempermudah orang menyimpulkan atau menilai data tersebut. Media yang memiliki peran besar dalam mendisplay sebuah informasi kepada para masyarakat. Oleh karena itu, semua penilaian dan kesimpulan di masyarakat bergantung kepada apa yang disajikan para awak media. Entah awak media ingin menyajikan data tersebut, sebagai keburukan terhadap seseorang atau kebaikan terhadap seseorang efeknya akan sangat besar. masyarakat sebagai konsumen media hendaknya tidak langsung menelan mentah-mentah data yang disajikan media karena media bukan tuhan yang mempunyai sifat selalu benar. Waallahua’lam..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM PRAMUKA: MENGGUNAKAN METODE YANG RELEVAN

Pembelajaran berdiferensiasi adalah strategi yang efektif untuk memenuhi kebutuhan beragam siswa, dan gerakan pramuka menawarkan berbagai ...